Apa itu E-Government

pattern

Apa itu E-Government

Apa itu E-Government?

 E-Government diciptakan dengan tujuan untuk terciptanya interaksi dan memperbaiki kualitas dari interaksi antara masyarakat dengan pemerintah. Namun Indonesia sebagai negara berkembang tentu memiliki faktor yang menjadi penghambat terbentuknya digitalisasi masal. Menurut beberapa ahli E-Government adalah sebuah cara bagi pemerintah untuk menggunakan sebuah teknologi baru dalam melayani masyarakat dengan memberi kemudahan dalam mengakses baik dari pemerintah untuk hal pelayanan dan informasi juga untuk menambah kualitas pelayanan yang diberikan sehingga memberikan peluang untuk ikut berpartisipasi dalam proses dan institusi demokrasi.

E-Government dibagi ke dalam empat tingkatan, dengan tingkat pertama berupa upaya pemerintah untuk mempublikasikan informasi terkait sistem ini melalui website yang dimilikinya. Untuk tingkat kedua harus adanya interaksi yang terjadi antara masyarakat dan kantor pemerintahan yang dikirimkan melalui media surat elektronik, tingkat yang ketiga masyarakat diharapkan dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbal balik. Sedangkan untuk level terakhir adanya integrasi dengan seluruh kantor pemerintahan yang memiliki dan menggunakan database yang sama.

Tujuan E-Government

 

Selain mengenal Pengertian E-Government atau Electronics Government (eGovernment), kita juga harus mengetahui tentang Apa sebenarnya Tujuan E-Government. Mengacu pada penjelasan di atas, adapun beberapat Tujuan E-Government yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Membentuk Jaringan Informasi dan juga Transaksi Layanan Publik, dimana mereka tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat, serta juga dengan biaya yang dapat terjangkau oleh warga.

  • Pembentukan Interaksi yang Interaktif dengan Dunia Usaha atau Bisnis.

  • Pembentukan Mekanisme serta juga Channel atau saluran Komunikasi dengan seluruh Lembaga Negara dan Penyediaan Fasilitas Publik.

  • Membentuk Sistem Manajemen serta Proses Kerja yang Transparan dan Efisien, dan memperlancar Transaksi serta layanan antar Forum ata Agensi Pemerintah.

Fungsi E-Government

 

Setelah mengetahui Pengertian E-Government dan Tujuannya di atas, adapun Fungsi Utama E-Government yaitu adapau untuk meningkatkan mutu Layanan Publik, dengan melalui pemanfaatan Teknologi dan Komunikasi dalam proses penyelenggaraan Pemerintah Wilayah agar terbentuknya Kepemerintahan yang bersih, transparan dan yang dapat menjawab tuntutan Perubahan secara efektif.

E-Government atau Electronics Government (eGovernment) merupakan penerapan TIK atau ICT (Information Communication and Technologies) dalam operasi pemerintah, mencapai tujuan publik dengan cara digital. Prinsip Dasar dari E-Government, didukung oleh kerangka kerja kelembagaan E-Government yang efektif, yaitu adalah untuk meningkatkan kerja internal sektor publik dengan mengurangi biaya keuangan dan waktu transaksi sehingga dapat lebih mengintegrasikan aliran kerja dan proses dan memungkinkan pemanfaatan sumber daya yang efektif di seluruh berbagai lembaga sektor publik yang mengincar solusi berkelanjutan. Melalui inovasi dan E-Government atau Electronics Government, pemerintah di seluruh dunia dapat lebih efisien, memberikan Layanan yang lebih baik, menanggapi tuntutan Warga Negara akan transparansi dan akuntabilitas, menjadi lebih inklusif dan dengan demikian, mereka dapat mengembalikan kepercayaan Warga Negara pada Pemerintah mereka.

 

.

  Konsultasi Sekarang!